Sunday 23 June 2013

Pengecatan Ziel Nelsen

Posted by Unknown on 05:49:00 with No comments
Pengecatan Ziel Nelsen

Dalam pengecatan ini menggunakan bahan sputum dengan meletakkannya pada obyek glass. Kemudian dengan penambahan cat seperti carbol fuchsin, alkohol asam dan methilen biru. Pengecatan ini merupakan pengecatan khusus untuk BTA (bakteri tahan asam). Hasil yang diperoleh dalam pengecatan sputum ini adalah berbentuk batang bergandengan diplobasil dengan warna merah dan warna dasar kebiruan.

Hal ini terjadi karena kapsul lipoid dari bakteri tersebut menahan karbol fuchsin dan tahan terhadap dekolorisasi dengan pembilasan asam. Kapsul lipoid dari mikobakteria merupakan molekul berat yang akan menjadi mirip lilin pada temperature ruangan dan keberhasilan penetrasi dari larutan pewarnaan berdasarkan cairan (aqueousbased staining solutions) seperti pewarnaan gram dapat dicegah akibat adanya kapsul ini.

Karena karbol fuchsin diikat oleh komponen asam mikolik, jadi pada saat pembilasan dengan asam alcohol, zat warna ini tidak akan luntur dan pada saat ditambahkan metilen blue, zat warna metilen blue tidak dapat mewarnai bakteri sebab bakteri tahan asam itu sudah mempertahankan zat warna pertamanya (karbol fuchsin). Akhirnya, bakteri akan terwarnai dengan warna merah/pink.

http://www.scribd.com/doc/99683024/Hasil-Dan-Pembahasan
Categories:

0 comments:

Post a Comment