Saturday 5 March 2016

DEMAM BERDARAH DENGUE DAN TANAMAN SERAI SEBAGAI ALTERNATIF PENGUSIR NYAMUK

Posted by Unknown on 23:50:00 with 1 comment
1. PENDAHULUAN
    
    Demam berdarah dengue (DBD) merupakan penyakit demam yang disebabkan oleh nyamuk Aedes aegypti yang membawa virus dengue, melalui gigitanya disebarkan kepada manusia (Kalyanamitra, 2012). Statistika data dari seluruh dunia, Kawasan Asia menjadi urutan pertama dalam jumlah penderita DBD setiap tahunnya. WHO mencatat angka kasus DBD di Indonesia tertinggi di Asia Tenggara (Achmadi dkk, 2009).
    Tanda seseorang terserang DBD yaitu munculnya demam secara tiba-tiba yang disertai sakit kepala berat, sakit pada sendi serta otot dan timbul ruam. Ruam demam berdarah mempunyai ciri-ciri merah terang, petekial dan biasanya muncul dulu pada bagian bawah badan pada beberapa pasien, ia menyebar hingga menyelimuti hampir seluruh tubuh. Selain itu, radang perut bisa juga muncul dengan kombinasi sakit di perut, rasa mual, muntah, diare, flu ringan disertai batuk (Kalyanamitra, 2012).
       Pencegahan utama demam berdarah terletak pada menghapuskan atau mengurangi vektor nyamuk demam berdarah. Tidak ada vaksin yang tersedia secara komersial untuk penyakit demam berdarah. Selain pencegahan melalui 3M, untuk menghindari gigitan nyamuk dapat digunakan tanaman dari alam yang menghasilkan bahan anti nyamuk. Salah satu tanaman penghasil bahan anti nyamuk adalah serai wangi karena mengandung minyak atsiri yang berfungsi untuk pengusir nyamuk (Kasmara dkk, 2012).

2. GEJALA DEMAM BERDARAH
    Kondisi terjangkitnya demam berdarah perlu disikapi dengan pengetahuan yang luas oleh penderita maupun keluarga yang harus segera konsultasi ke dokter apabila penderita mengalami demam tinggi 3 hari berturut-turut. Banyak penderita atau keluarga penderita mengalami kondisi fatal karena menganggap ringan gejala-gejala tersebut. Terdapat 4 tipe orang yang mengalami atau menderita demam berdarah, diantaranya :
 a.       Bentuk abortif, penderita tidak merasakan suatu gejala apapun.
 b.   Dengue klasik, penderita mengalami demam tinggi selama 4 - 7 hari, nyeri-nyeri pada tulang, diikuti dengan munculnya bintik-bintik atau bercak-bercak perdarahan di bawah kulit.
 c.     Dengue Haemorrhagic Fever (Demam berdarah dengue(DBD)) gejalanya sama dengan dengue klasik ditambah dengan perdarahan dari hidung (mimisan), mulut, dubur, dan sebagainya.
 d.      Dengue Syok Sindrom, gejalanya sama dengan DBD ditambah dengan syok atau presyok, bentuk ini sering berujung pada kematian. Lama demam berdarah pada umumnya sekitar enam atau tujuh hari dengan puncak demam yang lebih kecil terjadi pada akhir masa demam. Secara klinis, jumlah trombosit akan jatuh hingga pasien dianggap afebril.
(Kaylanamitra, 2012)

3. TINDAKAN PENCEGAHAN DEMAM BERDARAH
Untuk memberantas sarang nyamuk dikenal dengan 3M, sebagai berikut :
    (a)    Menguras tempat penampungan air (bak mandi, tempat minum burung dan tempat – tempat yang dapat menampung air yang lainnya).
    (b)   Menutup penampungan air.
    (c) Membuang dan mengubur barang bekas yang dapat menampung air.

     Pencegahan yang kedua dengan cara menghindari gigitan nyamuk dapat dilakukan, sebagai berikut:
(a)    Dilakukan pengasapan (fogging) secara masal.
(b)   Gunakan anti nyamuk oles, obat nyamuk semprot maupun bakar dan bisa memasang kelambu.(c)    Menaburkan bubuk ABATE dalam penampung air.
(d)   Memanfaatkan jenis – jenis tanaman tertentu (Lavender, Serai Wangi, Geranium, dan Zodia) menghasilkan bau yang tidak disukai oleh serangga, seperti nyamuk.
                                                                                                                          (Kasmara dkk, 2012).

4. TANAMAN SERAI
  Serai merupakan tanaman bermarga Andropogon, deng an nama spesies Andropogon nardus L. Serai merupakan tanaman rumput-rumputan tegak, menahun dan mempunyai perakaran yang sangat dalam dan kuat. Daun serai merupakan daun tunggal, lengkap dan pelepah daunnya silindris, gundul, seringkali bagian permukaan dalam berwarna merah, ujung berlidah (ligula), helaian, lebih dari separuh menggantung, remasan berbau aromatik (Budiasih, 2011).
  Kandungan dari serai yang utama adalah minyak atsiri dengan komponen sitronelal 32-45%, geraniol 12-18%, sitronelol 11-15%, geranil asetat 3-8%, sitronelil asetat 2-4%, sitral, kavikol, eugenol, elemol, kadinol, kadinen, vanilin, limonen, kamfen. Minyak serai mengandung 3 komponen utama yaitu sitronelal, sitronelol dan geraniol. Hasil penyulingan dari Andropogon nardus L diperoleh berupa minyak atsiri yang disebut Oleum citronellae. Oleum citronellae terdiri atas geraniol dan sitronelal yang dapat digunakan untuk menghalau nyamuk, sehingga tanaman serai ini dapat dimanfaatkan (Wardani, 2009).

5. PENGOLAHAN TANAMAN SERAI SEBAGAI ALTERNATIF PENGGUSIR NYAMUK
(1)   Potong akar serai, pisahkan dengan batang dan daunnya sebanyak 1 ons (3-5 buah)
(2)   Kemudian cuci bersih daun dan batang serai.
(3)   Jemur sebentar sampai layu, potong serai menjadi bagian kecil, buang bagian yang berwarna coklat.  
(4)   Blender sampai dirasa cukup halus, masukkan serai yang sudah halus ke dalam wadah bersih.
(5)   Tambahkan air sampai 100 ml dan direndam selama 1 malam.
(6)   Rendaman tersebut disaring, sehingga yang tertinggal air serainya saja.
(7)       Tuangkan ke dalam botol sprayer (botol bekas parfum yg telah dicuci bersih dan kering).
Penggunaan: Semprotkan cairan serai ke ruangan yang ingin disterilkan dari nyamuk atau semprotkan langsung pada sarang atau jala.

6. KELEBIHAN ALTERNATIF TANAMAN SERAI (Rahma, 2013)
a)      Proses perendaman selama satu malam bertujuan untuk mengeluarkan zat sitronela yang terkandung dalam serai.
b)      Obat nyamuk semprot, oles, dan bakar berbahaya bagi manusia sebab mengandung bahan aktif golongan organofosfat seperti propoxur (karbamat), diethyltoluamide,  dan dichlorovynil dimethyl phosfat (DDVP) yang dapat menimbulkan gangguan kesehatan pada manusia.
c)      Obat nyamuk dari Tanaman Serai tidak mengandung bahan-bahan kimia seperti obat nyamuk semprot, oles maupun bakar yang dijual dipasaran, selain itu obat nyamuk dari serai juga berbau harum.
d)     Tanaman Serai mudah didapat dan juga mudah ditanam sendiri di halaman rumah, sehingga tidak memerlukan biaya yang banyak dalam pembuatannya.
Bahan lain untuk membuat obat nyamuk pun hanya air bersih, sedangkan tempatnya bisa menggunakan botol sprayer baru maupun memanfaatkan botol bekas sisa parfum yang telah dicuci bersih dan kering

SUMBER
Achmadi, U.F., Sudjana, P., Sukowati, S., Wahyono, T.Y.M., Haryanto, B., Mulyono, S., dan Adiwibowo, A. 2009. Buletin. Jendela Epidemiologi Demam Berdarah Dengue. Vol. 2
Budiasih, K.S. 2011. Pemanfaatan Beberapa Tanaman Yang Berpotensi Sebagai Bahan Anti Nyamuk. Makalah. Universitas Negeri Yogyakarta
Kalyanamitra. 2012. Demam Berdarah, Gejala, Pencegahan dan Pengobatannya. http://www.kalyanamitra.or.id/wp-content/uploads/2012/07/DemamBerdarah-Gejala-Pencegahan-dan-Pengobatannya Diakses pada 2 Februari 2015
Kasmara, M., dan Hermawan, W. 2012. Sosialisasi Tanaman Hias Pengusir Nyamuk (Lavender, Serai Wangi, Geraniuum dan Zodia) di Lingkungan Perumahan dan Sekolah Dasar Desa Melati Wangi Kabupaten Bandung
Rahma, H.N. 2013. Bioteknologi Membuat Obat Nyamuk Dari Serai. http://www.slideshare.net/helmyshin1/bioteknologi-membuat-obat-nyamuk-dari-serai Diakses pada 30 januari 2015
Wardani, S. 2009. Uji Aktivitas Minyak Atsiri Daun dan Batang Serai (Andropogon naidus L.) Sebagai Obat Nyamuk Elektrik Terhadap Nyamuk Aedes aegypti. Universitas Muhammadiyah Surakarta
Categories: ,

1 comment:

  1. Selama bertahun-tahun, saya telah membaca dan melihat iklan di media massa tentang semua pil penambah penis dan berpikir bahwa itu semua adalah penipuan atau tipuan. Semua situs medis yang saya kunjungi menyatakan bahwa tidak ada suplemen herbal yang akan membantu meningkatkan ukuran penis. Saya menjadi sangat depresi ketika membaca ini, karena sayangnya saya tidak secara alami diberkati dengan penis yang cukup besar untuk membangkitkan pasangan seksual saya atau pasangan masa lalu. Saya seorang pria yang melewati masa seksual saya dan kinerja seksual saya banyak yang diinginkan. Saya memutuskan untuk mencoba obat herbal Doctoc Akhigbe setelah semua pembacaan dan penelitian yang telah saya lakukan. Saya melihat kesaksian "Joe" tentang doktror Obat Herbal Akhigbe Karena ada Jaminan Uang Kembali, saya memberinya percobaan apa yang harus saya hilangkan ? Saya tidak percaya hasil yang saya lihat setelah meminum Obat Herbal Alami dan Sabun Herbal untuk dioleskan pada penis saya! dia mengirim kepada saya melalui jasa pengiriman kurir DHL. Dalam waktu sekitar 2 minggu saya memiliki peningkatan yang nyata dalam ketebalan penis saya. Kemudian setelah beberapa minggu tambahan, itu mulai bertambah panjang dan saya kagum dan sangat bersemangat. Sebelum saya menghabiskan minuman dan sabun, penis saya bertambah dua inci. Saya telah mengalami banyak kemajuan dalam kehidupan seks saya dan pil-pil ini tentu bernilai setiap sen yang saya habiskan untuk mereka! Saya ingin berterima kasih kepada Dr Akhigbe atas waktu dan upaya yang mereka habiskan untuk membantu orang-orang dalam situasi saya. Saya tahu banyak di luar sana yang menderita masalah ini dan mereka membutuhkan bantuan, kirimkan email kepadanya. drrealakhigbe@gmail.com. Ia juga menyembuhkan penyakit lain seperti: Menstruasi Nyeri atau Tidak Teratur. HIV / Aids. Pembesaran payudara. Penderita diabetes. Infeksi vagina. Keputihan Vagina. Gatal Dari Bagian Pribadi. Infeksi payudara. Debit dari Payudara. Nyeri & Gatal pada Payudara. Nyeri perut bagian bawah. Tidak Ada Periode atau Periode Tiba-tiba Berhenti. Masalah Seksual Wanita. Penyakit Kronis Tekanan Darah Tinggi. Rasa sakit saat berhubungan seks di dalam Pelvis. Nyeri saat buang air kecil. Penyakit Radang Panggul, (PID). Menetes Sperma dari Vagina Serta Untuk jumlah sperma rendah. Penyakit Parkinson. Lupus. Kanker. TBC Jumlah sperma nol. Asma. Ejakulasi cepat. Batu empedu, Ejakulasi Dini. Herpes. Nyeri sendi. Pukulan. Ereksi yang lemah. Erysipelas, Tiroid, Debit dari Penis. HPV. Hepatitis A dan B. STD. Staphylococcus + Gonorrhea + Sifilis. Penyakit jantung. Pile-Hemorrhoid. Rematik, tiroid, Autisme, pembesaran Penis, Pinggang & Nyeri Punggung. Infertilitas Pria dan Infertilitas Wanita. Untuk pengobatan Anda, kirim email kepadanya sekarang: drrealakhigbe@gmail.com atau Hubungi nomornya: +2349010754824.

    ReplyDelete